Tutorial

2 Cara Mengatasi File Too Large Pada Semua Disk

Pernahkah kalian mengalami copy flashdisk dan muncul tulisan file too large? Ini artinya file anda terlalu besar untuk di gunakan , dipindah,...

Alex Sander Leonardo Written by Alex Sander Leonardo · 1 min read >
File too large

Pernahkah kalian mengalami copy flashdisk dan muncul tulisan file too large? Ini artinya file anda terlalu besar untuk di gunakan , dipindah, maupun di cut ke drive disk lain. Ini adalah bagian security dari format FAT32. Dimana file yang terlalu besar, tidak dapat dipindahkan ke disk yang lain.

Belum paham ? Lebih tepatnya begini..

File anda berukuran 4GB dan anda akan memindahkannya ke drive lain misalkan flashdisk atau hardisk external yang lainnya dan muncul seketika pesan file too large disebabkan drive anda berada dalam sistem FAT32 dimana sistem ini hanya dapat memindahkan data maximal 4GB.

Saya akan menjelaskan dengan 2 cara. Jadi pilihlah cara yang paling mudah.

File too large
Saat mengcopy ke flashdisk external

Solusi File too large

Setelah anda paham dan mengetahui penyebab file too large, saya akan menunjukan 2 cara yang tepat mengatasi hal tersebut. yaitu yang pertama format disk ke NTFS dan yang kedua menggunakan Easus partition tanpa menghapus data yang ada.

Solusi 1. Format Hardisk/Flashdisk/Usb drive anda

Salah satu penyebab file too large sistem USB drive anda masih menggunakan FAT32 jadi silahkan format ke NTFS dengan cara berikut:

  • Silahkan buka penyimpanan disk anda, sebagai contoh saya menggunakan flashdisk.
  • Klik kanan pada penyimpanan flashdisk anda
  • pilih format kemudian ganti file system ke NTFS
File system silahkan di ubah menjadi NTFS

Catatan

FIle di flashdisk anda akan hilang setelah anda format. jadi silahkan backup, atau jika tidak mau memformat silahkan lakukan pada Solusi yang ke 2.

Solusi 2. Menggunakan EaseUS Partition Master

Software Ini adalah solusi jika anda tidak mau kehilangan data. Dan Software ini juga dapat mengubah file sistem FAT32 ke NTFS tanpa merubah / menghapus data.

Sumber : Easeus
  • Langkah 2. Silahkan anda pilih mana yang akan diubah dari sistem FAT32 ke NTFS. Caranya klik kanan dan pilih Convert to NTFS. (Pastikan Flashdisk anda sudah terbaca, jika belum silahkan cabut dari laptop anda dan pasang kembali)
Sumber : Easeus
  • Langkah 3. Klik Ok jika muncul Pop Up Peringatan
Sumber : Easeus
  • Langkah 4. Pergi ke pojok kiri atas, klik tombol “Execute 1 Operation” dan Anda akan melihat detail operasi. Klik “Terapkan” dan “Selesai” ketika proses selesai.
  • Baca Juga : Cara mengatasi virus ransomeware
Easus partition
Sumber : Easeus

Terahir

Seperti yang sudah saya jelaskan dari awal, ada 2 solusi yang dapat anda lakukan. Jika saya mendapatkan kasus “File too large” pada flahdisk saya sendiri, biasanya saya format.

Dan jika data saya di flashdisk begitu penting, saya tidak akan memformat’nya dan saya akan melakukan solusi yang ke 2. Terimakasih

Written by Alex Sander Leonardo
Tidak akan ada pembuktian jika kita berhenti. Terus berjuang dan buktikan karya yang bermanfaat bagi orang lain. Menulis berbagai pengetahuan pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan. Profile

Beri komentar...